Rabu, 12 Juni 2013

laporan on the job training hotel casa del rio melaka



Laporan On The job Training I
Housekeeping Department
Hotel Casa Del Rio
Melaka – Malaysia
28 September 2012 s/d 28 maret 2013





Di susun oleh :
Riko Maesa Bela         (10510030)

PROGRAM D IV PARIWISATA
PERHOTELAN
UNIVERSITAS MERDEKA MALANG
2013   







 

KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkay dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kerja Lapangan pada “Departement Housekeeping Casa Del Rio Melaka – malaysia” ini dengan baik. Laporan kerja lapangan ini di susun untuk memenuhi ersyaratan mengikuti seminar dan mengikuti semester berikutnya di program D-lll & lV Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang, jurusan perhotelan. Dalam proses penyelesaian laporan kerja  lapangan ini, penulis mendapat banyak bantuan dan dukungan dari berbagai pihak baik secara moril maupun material. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada :
1.      Kedua orang tua penulis, ayah dan ibu atas dukungan yang selalu diberikan baik dalam bentuk moral maupun material, motivasi, dan saran untuk pemecahan masalah yang di hadapi oleh penulis.
2.      Ibu Dr. Hj. Kun Aniroh SST.Par.MM selaku ketua Program D-lll&lV Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang dan yang merekomendasikan dan menyarankan untuk dapat melakukan magang di Casa del Rio Melaka Hotel.
3.      Ibu Estikowati, SST.Par.MM selaku dosen pembimbing yang telah berkenan dan meluangkan waktu serta pikiran untuk membimbing penulis dalam penyelesaian laporan praktik kerja lapangan.
4.      Kepada para dosen Fakultas Pariwisata di Universitas Merdeka Malang atas ilmu yang telah diberikan kepada penulis selama menempuh studi D-III Pariwisata.
5.      Terimaksih kepada pimpinan perusahaan tempat magang di laksanakan, bapak Asmawi Ahmad Zabidi atas ijin yang diberikan sehingga penulis dapat melaksanakan magang.
6.      Terimakasih kepada Executif Housekeeper May Lau  beserta Asistant Manager Ibu Salma Din yang banyak memberikan pembelajaran selama proses magang dilaksanakan.
7.      Terimakasih kepada seluruh staff departement Housekeeping yang telah banyak membantu dalam hal kegiatan lapangan.
8.      Teman teman yang selalu memberikan semangat dan juga bantuan.
9.      Semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan ini.
Penulis berharap agar hasil laporan kerja lapangan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang layanan dan pariwisata di indonesia. Penulis memohon maaf kepada semua pihak yang terkait dlam penulisan Laporan Kerja Lapangan ini atas segala kekurangan dan kesalahan yang tidak disadari selama menempuh studi dan menyelesaikan penulis tugas akhir ini. Semoga Laporan Kerja Lapangan ini memberikan .anfaat kepada semuanya
Terimakasih.

Malang,  April 2013

Riko Maesa Bela



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………………………………………………………    i
HALAMAN PERSETUJUAN .............................................................................   ii
HALAMAN SURAT KETERANGAN OJT …………………………………… iii
KATA PENGANTAR   …………………………………………………………  iv
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………  vi
BAB I. PENDAHULUAN ………………………………………………………   1
A.     Latar Belakang On the Job Training       ………………………………   1
B.     Tujuan dan Kegunaan On the Job Training     …………………………   2
C.     Lokasi On the Job Training/Departemen tempat OJT     ………………   3
D.     Alasan memilih departemen/tempat kegiatan       ………………………   4
BAB II. LANDASAN TEORI  …………………………………………………   5
A.     Pengertian Hotel ...............................................   ....………………….   5
B.     Pengertian Housekeeping Department….....…………….……….......  6
C.     Formulir-Formulir yang digunakan dalam operasional Housekeeping    6
D.     Peralatan Kerja yang digunakan dalam Operasional Housekeeping    11
BAB III.LAPORAN ON THE JOB TRAINING   ……………………………. 12
Sejarah Hotel Casa del rio ……………………………………….....     12
A.     Akomodasi hotel Casa del Rio Melaka      ………………………… .. 14
B.     Struktur Organisasi Hotel Casa del Rio ..................………………... 17
C.     Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab     ……………………………... 19
D.     Deskripsi Sistem dan Prosedur……………………….………….... .. 22  
1.Prosedur Pembersihan Kamar Check Out........................................ 23
2.  Prosedur Membersihkan Occupied Room......................................26
3. Prosedur Turn Down Service.........................................................30
4. Public Area.................................................................................... 31
5.Pembagian Shift Housekeeping......................................................32
E.      Kegiatan Mahasiswa Selama Training     ……………………………... 33
BAB IV.KESIMPULAN DAN SARAN ………………………………………. 33
A.     Kesimpulan       ……………………………………………………… 34
1.      Deskripsi kebaikan dan kelemahan sistem dan prosedur       ……... 34
2.      Kesan-kesan selama On the Job Training   ……………………… 36
B.     Saran ………………………………………………………………… 38
1.      Saran untuk Hotel Casa del Rio....................…………………… 38
2.      Saran untuk DIV dan DIII Pariwisata    ………………………..... 38
LAMPIRAN ……………………………………………………………………. .39          




BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang
Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, kegiatan pariwisata banyak diminati oleh masyarakat. Kegiatan pariwisata dilakukan antara lain untuk mencari hiburan yang sebelumnya belum pernah diperoleh, menghilangkan stress serta menemukan pengalaman baru. Kegiatan pariwisata bisa diadakan karena ada beberapa faktor, antara lain adanya tempat tujuan pariwisata yang unik dan menarik serta fasilitas-fasilitas yang menunjang untuk memudahkan serta memberi kepuasan kepada pengunjung. Salah satu fasilitas yang menunjang dalam pariwisata adalah akomodasi perhotelan. Dengan meningkatnya kegiatan pariwisata di sebagian besar daerah, maka banyak hotel bermnculan untuk memberikan pelayan akomodasi sebaik mungkin. Pada dasarnya hotel sebagai suatu kegiatan usaha yang sangat besar perannya bagi pemerintah.
Adanya perbedaan bangsa, suku bangsa, adat istiadat, agama, bahasa dan budaya di dunia ini menjadikan kita mengetahui dan kaya akan wawasan yang luas betapa beragamnya kehidupan khususnya di luar Indonesia. Yang dapat kita petik hikmah dari semua ini adalah kita dapat belajar beragam hal dari masyarakat lain selain indonesia, yaitu dalam kehidupan sehari-hari bangsa Malaysia, khususnya dalam bidang pariwisata.Keadaan Ekonomi, Situasi Politik, Keamanan, dan Sumber Daya Manusia adalah beberapa faktor-faktor yang bisa menunjang berkembangnya suatu Pariwisata di Negara Malaysia.

Begitu pun dengan Negara te, Indonesia. yang dimana kesemua faktor di atas dapat mendukung Pariwisata Indonesia yang baik dan kondusif. Begitupun dengan pemerintah yang mempunyai beberapa usaha untuk meningkatkan sektor Pariwisata di Indonesia, diantaranya adalah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan juga berusaha untuk memberikan sarana dan prasarana yang terbaik, khususnya dalam sektor Pariwisata agar Pariwisata Indonesia maju. Yang salah satu usahanya yaitu mendirikan sekolah-sekolah Pariwisata.
Pariwisata merupakan salah satu hal  yang menyangkut kebutuhan hidup manusia sebagai makhluk sosial. Ketika seseorang mencapai taraf kehidupan tertentu, maka muncullah suatu kebutuhan rohani yaitu kebutuhan untuk berwisata.
Hotel merupakan sarana pokok kepariwisataan, hal ini menunjukkan bahwa kemajuan ataupun kesuksesan hotel bergantung pada banyak dan sedikitnya wisatawan yang datang. Melalui perhotelan inilah secara tidak langsung akan berperan sebagai media untuk memperkenalkan budaya Malaysia ke dalam masyarakat internasional.
B.   Tujuan dan Kegunaan On The Job Training
1.                  Tujuan on the job training antara lain untuk :
a)      Memanfaatkan fasilitas–fasilitas hotel yang tidak tersedia di kampus sehingga dapat menambah wawasan sehingga mahasiswa dan mahasiswi semakin professional dalam bekerja.
b)      Agar mahasiswa dan mahasiswi dapat menghayati dan mencoba mempraktikkan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya dalam bentuk materi sehingga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan penulis memperoleh keutuhan konsep tentang kemampuan yang dikuasainya.
c)      Memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan mahasiswi mengenai lingkungan kerja dan organisasi yang ada di hotel, sehingga mahasiswa dan mahasiswi secara praktis dapat paham, dan tanggap mengenai permasalahan yang muncul dalam operasional hotel yang sebenarnya.
d)      Memantapkan rasa kepercayaan diri dalam menghadapi tamu dan meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada penulis.
e)      Dengan adanya on the job training ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan mahasiswi untuk memahami industri perhotelan yang terus berkembang.
f)       Agar mahasiswa mampu mengembangkan  soft skill yang dimiliki serta belajar untuk bersosialisasi dan bekerja sama dengan rekan kerja.
2.       Kegunaan  On the Job Training
          Sebagai salah satu syarat akademis untuk menyelesaikan kelengkapan pelaksanaan on the job training dalam menempuh program studi Diploma IV di Program DIII & IV Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang.
C.      Lokasi On the Job Training
Nama Perusahaan   :  Hotel Casa del Rio Melaka Malaysia
Alamat Perusahaan:  88, Jalan Kota Laksamana , 75200 Melaka, Malaysia
Departement           :  Housekeeping
No. Telp                  :  +606 289 6888
Fax                          :  +606 289 6999
Reservation @ casadelrio-melaka.com
Lokasi ini sangat strategis, dekat dengan river cruise,jonker walk,dan salah satu kota bersejarah di Malaysia.
D.   Alasan Penulis Memilih Housekeeping Department dan Sebagai Tempat Praktik Lapangan
Yang mendasari penulis memilih department ini dikarenakan housekeeping  merupakan bagian yang berperan besar di dalam kebersihan kamar hotel dan penyediaan kamar hotel, menjaga kebersihan dan keindahan kamar, sehingga housekeeping department  sangat berpengaruh dalam maju mundurnya hotel dan kepuasan tamu selama menginap atau hanya berkunjung di hotel. Suatu hotel tanpa ada bagian atau departement ini maka dijamin kebersihan dan kerapian hotel tersebut kurang diperhatikan. Dalam era globalisasi seperti  sekarang ini, bidang kepariwisataan di Malaysia tumbuh dengan pesat dan permunculan pula hotel-hotel yang berbintang. Untuk mempertahankan mutu hotel sesuai dengan standard internasional serta mampu bertahan dalam kompetisi dengan hotel-hotel berbintang lainnya, housekeeping department dibutuhkan untuk menjaga kenyamanan hotel sehingga tamu merasa nyaman dan puas dengan keadaan hotel yang nyaman, bersih dan indah. Maka tidak menutup kemungkinan housekeeping department juga mengambil peran besar dalam adanya hotel-hotel besar sehingga banyak pekerjaa yang dibutuhkan di departemen ini untuk dipekerjakan sebagai karyawan.
          Yang mendasari penulis memilih Hotel Casa del Rio Melaka sebagai tempat on the job training dikarenakan hotel ini merupakan hotel berbintang terkenal yang memiliki cabang-cabang perusahaan hotel besar lainnya yang ada di Singapura, Thailand, Bali, dan beberapa wilayah di Malaysia. Sehingga dapat membuka peluang untuk bekerja di salah satu channel perusahaan HPL Hotel and Resorts.




BAB II
LANDASAN TEORI
A.   Pengertian Hotel
                        Kata Hotel mulai dipakai sejak abad ke 18 di London, Inggris. Pada saat itu kata hotel adalah “ garni “, sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewaan secara harian, mingguan atau bulanan. Kata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa Perancis. Hotel berasal dari kata latin: “ hostel”   dan mulai dikenal di masyarakat pada tahun 1797.
Ada beberapa definisi hotel berdasarkan berbagai pendapat, di antaranya :
1.             Hotel adalah      :    Bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu, makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan ( Rumekso, 2002 : 2 )
2.             Hotel adalah      :    Suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersil, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan dan penginapan berikut makan dan minum ( SK Menteri  Perhubungan No. Pm. 10/Pw. 301/Phb. 77 ).
3.             Hotel adalah      :   Perusahaan yang menyediakan jasa dalam bentuk akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya dalam hotel untuk umum yang memenuhi syarat kenyamanan dan bertujuan komersil dalam jasa tersebut ( SK. Menteri Perhubungan No. 241/11/1970 ).

B.   Pengertian Housekeeping Department
Kata Housekeeping berasal dari dua kata yaitu : “ house dan keep “. House yang artinya : rumah, wisma, hotel. Sedangkan Keep yang artinya : merawat, memelihara atau menjaga. Jadi pengertian Housekeeping adalah : bagian atau departemen yang bertugas untuk mengatur dan menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Area yang menjadi tanggung jawab dalam operasional Housekeeping Department adalah :
1.         Guest room / kamar tamu hotel
2.         Coridor
3.         Lobby dan Public Restroom
4.         Kolam renang dan area sekitarnya
5.         Kantor-kantor manajemen
6.         Area gudang / store
7.         Linen room
8.         Laundry room
9.         Area belakang hotel seperti locker / ruang ganti karyawan serta car park

C.   Formulir-Formulir yang Digunakan dalam Operasional Housekeeping
       1.         Formulir-Formulir yang dipergunakan dalam Room Section antara lain :
a)             Room Report
         Digunakan untuk mencatat status atau kondisi kamar setelah room attendant melakukan pengecekan atas kamar-kamar yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagai langkah awal dari serangkaian tugas pokok seorang room attendant yang biasanya dilakukan di pagi hari.

b)            Room Boy / Maid Control Sheet Report
         Digunakan untuk mencatat keluar masuk linen-linen yang digunakan oleh room boy/ maid pada waktu membersihkan kamar.

c)             Room Boy Guest Supplies Control Sheet
         Digunakan untuk mencatat jumlah guest supplies yang digunakan pada waktu membersihkan kamar.

d)            Inventories of Room
Formulir yang digunakan untuk mendata semua fasilitas-fasilitas yang ada di kamar, baik yang ada di kamar tidur atau di kamar mandi.

e)             Late Comer Form
         Digunakan untuk mecatat identitas room attendant yang terlambat dalam mengikuti briefing. Room attendant yang terlambat lebih dari tiga kali akan dikenai sanksi counseling oleh room supervisor dan disciplinary oleh assistant manager atau oleh executive housekeeper secara langsung.

f)             Counselling Checklist
         Digunakan oleh Room Supervisor untuk memberikan counselling kepada room attendant yang melanggar peraturan ketika bekerja. Misalnya tidak tepat waktu, bekerja tidak sesuai dengan Standart Operasional Procedure yang telah ditetapkan.

g)            Actual Overtime Form
         Digunakan utuk mengisi overtime room attendant. Dicatat oleh assistant manager.

h)            Checklist Form
         Digunakan oleh supervisor untuk mengecek tingkat kebersihan kamar Vacant Clean. Dari situ bisa dilihat kinerja room attendant, apakah room attendant sudah bekerja sesuai dengan prosedure yang ada atau belum. Room attendant yang memiliki score rendah ( kurang dari 84 ) akan di kenai teguran oleh supervisor dan assistant manager.

i)              PKT Form ( Product Knowledge )
         Digunakan oleh supervisor untuk memberikan product knowledge kepada room attendant, yaitu berupa standar-standar hotel yang harus diketahui, dipahami dan dilakukan oleh room attendant atau standar baru yang diterapkan oleh hotel.


            2.    Formulir-formulir yang dipergunakan di Mini Bar Section antara lain :

a)             Mini Bar List
              Digunakan oleh mini bar checker untuk memposting makanan atau minuman yang di konsumsi oleh tamu.


b)            Bin Card Form
                     Digunakan oleh mini bar checker untuk mencatat stock / persediaan barang ( makanan dan minuman ) yang masuk atau keluar. Dari situ bisa terlihat apakah barang-barang balance atau tidak.

c)             Inter-Bar Transfer Form
                     Digunakan untuk mengambil barang-barang ( sabun, sampo, conditioner, serta aminities yang dipergunakan di room ) di purchasing atau storekeeping. Pengambilan barang ini harus sesuai persetujuan manager atau assistant manager.

d)            Beverage Requisition Form
                     Digunakan untuk mengambil makanan dan minuman di purchasing atau storekeeping. Pengambilan makanan dan minuman ini harus sesuai dengan persetujuan manager atau assistant manager.

e)             Mini Bar Routine Replenishment Sheet Form
                     Digunakan untuk mencatat makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi oleh tamu sesuai laporan room attendant. Setelah dicatat dalam mini bar routine replenishment form, minibar runner akan mengisi ulang makanan atau minuman tersebut.

f)             Mini Bar Inventory Form
                     Digunakan untuk menginventori minibar yang ada di kamar tamu atau di kamar vacant clean. Diisi oleh room attendant dan diserahkan ke mini bar checker. Inventori mini bar dilakukan setiap akhir bulan. Dari inventori tersebut bisa dilihat apakah minibar yang ada di room, balance dengan data yang ada di mini bar checker.

g)            Incident Report Form
                     Digunakan oleh  room attendant atau housemen untuk mengganti atau menukar barang yang rusak di kamar tamu atau di kamar vacant dengan barang yang baru. Mini bar checker akan memberikan form tersebut kepada assistant manager housekeeping sebagai pertanggung jawaban kepada financial controller.

h)            Fixed Assets Discardment
i)              Departmental Work Order

3.  Formulir yang dipergunakan oleh Houseman/Housegirl
Houseman Daily Worksheet
                                    Digunakan oleh houseman / housegirl untuk mencatat permintaan-permintaan khusus dari tamu serta mencatat tugas-tugas yang diinformasikan oleh desk clerk housekeeping.




D.   Peralatan Kerja yang Digunakan dalam Operasional Housekeeping
Peralatan kerja yang ada di housekeeping dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1.   Peralatan yang digerakkan oleh tenaga listrik, antara lain :
      a.   Vacum Cleaner
      b.   Polishing Machine
      c.   Shampooing Carpet Machine
      d.   Blower Machine
      e.   Scrubbing Machine

2.   Peralatan yang digerakkan secara manual, antara lain :
      a.   Sweeper
      b.   Broom
      c.   Dust Pan
      d.   Brush
      e.   Mop
      f     Sponge
      g.   Hand Rubber Glove
      h.   Water Scope
      i.    Bottle Sprayer
      j.    Rubber Scrubber
      k.   Dust Cloth


BAB III
LAPORAN ON THE JOB TRAINING
A.  Sejarah perusahaan
Casa del Rio berasal dari bahasa Spanyol yang berarti ‘Home by The River’. Casa del Rio adalah salah satu dari empat properti Boutique Collection oleh HPL Hotel dan Resort. Tiga diantaranya Casa del Mar-Langkawi, Lakehouse di Cameron Highlands dan Rihiveli Beach di Maldives. Dan brand yang lainnya adalah Hard Rock dan Concorde. Casa del Rio mempunyai 66 kamar dengan desain Mediteranian style dan sentuhan peranakan ( Baba Nyonya ). Warna magenta, kuning dan campuran cotts terra dengan  pencahayaan ornamen untuk memberikan sentuhan hangat Mediterania. Semua kamar mempunyai balkon yang menghadap ke lago ataupun sungai melaka. Dan Casa del Rio Hotel resmi dibuka tanggal 6 Mei 2011.
HPL Hotel dan resort adalah perusahaan di bidang managemen perhotelan, yang beroperasi dan dipunyai oleh Singapore, Hotel Properties Limited (HPL).HPL Hotel and Resorts saat ini mengelola  sebelas hotel dan resorts di Asia Pasific dan Samudera Hindia. Ini termasuk Concorde Hotel Singapore, Concorde Hotel Kuala Lumpur, Concorde Hotel Shah Alam, Concorde Hotel Inn Kuala Lumpur International Airport, Hard Rock Hotel Bali, Hard Rock Hotel Pattaya, Hard Rock Hotel Penang, Casa del Mar, Langkawi, Lakehouse, Cameron Highlands , Casa del Rio, Melaka dan Rihiveli Beach Resort, Maladewa.
Casa Del Rio memiliki unsur-unsur khas dan menjalankan interaksi dan penghubung fisik dan emosional dengan tamu kami untuk menciptakan pengalaman ini, salah satu faktor yang akan menonjol di antara banyak faktor yang berkontribusi - anggota staf kami di Casa Del Rio  disebut sebagai 'Host' hidup percaya diri sesuai merek dan memberikan janji merek yang konsisten. Sebagai Host, kami menawarkan lebih dari kegiatan akomodasi, makan dan rekreasi. Kami membuat janji "menciptakan pengalaman seperti saat di rumah".
Ini janji yang kami buat untuk  mencerminkan harapan tamu kami dan tindakan inspirasi bagi tuan rumah kami. Ketika tamu mendengar nama 'Casa Del Rio', menggambarkan menjadi sebuah pengalaman dengan keramahtamahan yang santai namun hangat dan profesional yang memunculkan semua jenis hubungan berkesan sesuai dengan 'Home by The River'.
Misi kami adalah untuk menjadi tuan rumah penyambut yang memberikan pelayanan yang asli seperti menggambarkan pengalaman saat berada di rumah.
Semua pekerja disebut dengan  ‘HOST’.
Hospitable       :  menyambut tamu secara ramah dan hangat
Original           :  sikap yang kita tunjukkan adalah asli dan tidak dibuat-buat
Sincere              : tulus dalam melakukan segala sesuatu, dan peka terhadap segala          sesuatu, perhatian dan menyadari kebutuhan tamu
Trained            : apa yang kita peroleh dan kita kerjakan,harus kita latih untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna dalam melayani tamu
Janji kami adalah menggambarkan seperti pengalaman saat berada di rumah.
            Setiap host mempunyai keunikan tersendiri, kami saling berbagi pengalaman dan manfaat. Kami adalah tentang:
Sincerity         : kejujuran dan menjadi diri sendiri yang benar
Passion             : semangat yang kuat dan keinginan hidup damai dalam bekerja dan berinteraksi dengan orang
Integrity         : kualitas dari kejujuran, kebenaran, ketaatan moral dan prinsip dan mampu memberikan janji kami
Care               : mempertimbangkan, peduli terhadap tamu, sesama kawan, perusahaan, komunitas dan lingkungan sekitar
Emphaty        : kemampuan untuk menaruh diri sendiri dalam situasi apapun dan mengerti akan posisinya tersebut.

B.  Akomodasi hotel Casa del Rio Melaka
a. Tipe kamar
1.      Deluxe Lago view                               : 34 kamar lago view
2.      Deluxe River view                              : 18 kamar river view
3.      Studio Suites                                       : 8 kamar lago view
4.      River Suites - 2 bedroom                    : 2 kamar river view
5.      Melaka Suite - 2 bedroom                   : 1 kamar river view
6.      Cheng Ho Suite – 2 bedroom             : 1 kamar river view
7.      Presidential Suite                                : 1 kamar river view
8.      Royal Suite                                         : 1 kamar river view
b. Perlengkapan di dalam kamar
1.      Air conditioning
2.      High speed internet access
3.      Electronic key card
4.      42” flat screen TV
5.      DVD and CD player
6.      IPOD docking station
7.      IDD phones
8.      Minibar
9.      Laundry Service
10.  Wake up call service
11.  In room safe
12.  Hair dryer
13.  Iron and ironing board
14.  Coffe and tea making facilities
15.  Pocket sprung matras
16.  Private bath with shower
17.  Bath robe and slippers
18.  Duck plastick
c. Fasilitas dan pelayanan
1.      Satkara Spa
2.      Gym
3.      Rooftop infinity swimming pool
4.      Guest library with internet station and coffe
5.      24 hours room service
6.      Laundry and valet
7.      Daily newspaper
8.      Wake up call service
9.      Concierge
10.  Sunset and river cruise
11.  Car / trishaw service
12.  Complementary shuttle service to shoping mall
13.  Retail shop




d.      Nama - nama Ruang  pertemuan yang ada di Casa del Rio Melaka terdiri dari :
1.             Star Raft
2.             Duvfken
3.             Flor De La Mar
4.             The Fame
5.             KD Hang Tuah
6.             Jugrah
7.             West fresia
8.             Naga pelangi

e.       Dining & Entertainment
1.      Bar Rio  (17.00 - 01.00)
2.      River Cafe (12.00 – 23.00)
3.      The River Grill (06.30 – 15.00 / 18.00 – 23.00)
4.      Poolside Bar (11.00 – 20.00)










C.                Struktur organisasi Casa del Rio Melaka
EXECUTIVE COMMITTEE
            General Manager                                             :   Aarron Nelson
            Financial Controller                                        :   Lam Suet Ni
Director of Human Resources                                    :   Asmawi Ahmad Zabidi
            Director of  Sales & Marketing                       :   Agnes Tay
DEPARTMENT HEADS
Executive Chef                                               :   Allan
            Front Office Manager                                     :   Susan Lim
            Executive Housekeeper                                  :   May Lau
            F & B Manager                                               :  T Arivananthan
Engineering Manager                                      :   Jeffry Jaffar
Safety and Security Manager                         :   Lt Col (R) Shirajuddin  
Accountan                                                       :   Annabelle Tan




Struktur Organisasi Housekeeping Department
Co - ordinator
Public Area Attendant

Laundry Attendant

Room Supervisor

Room Attendant

Mini Bar Checker

Executive Housekeeper

Assistant Executive Housekeeper

 












Sumber : Housekeeping Depatment and Human Resources Department
Tahun : 2012



D. Deskripsi Tugas dan Tanggung Jawab
1.             Executive Housekeeper
Executive Housekeeper bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya operasional di housekeeping departmen, serta melaksanakan tugas atau perintah yang diturunkan oleh room division manager dan mempertanggungjawabkannya. Tugas dari jabatan ini adalah memberikan arahan kepada supervisor di dalam operasionalnya, memecahkan masalah yang ada di housekeeping departmen dengan para assistant manager dan para supervisor dan menyelesaikan atau mengevaluasi kepada room attendant pada waktu briefing.
2.             Assistant Executive Housekeeping
Bertanggung jawab terhadap hasil kerja para bawahannya secara langsung, kadang-kadang mewakili executive housekeeper mengikuti rapat dengan para atasan dari departemen lain dikarenakan sedang tidak ada di tempat tugas atau sedang tidak bertugas.
3.             Room Supervisor
Tugas dan tanggung jawab sebagai room supervisor adalah :
a.    Menjalankan perintah tambahan yang diberikan oleh atasan dan mempertanggungjawabkannya.
b.    Mengawasi dan mengontrol hasil kerja daripada room attendant.
c.    Menyelesaikan masalah baik dari tamu atau dari room attendant sendiri secara pribadi.
d.   Memberikan pengarahan atau berdiskusi dengan room attendant pada waktu briefing.
e.    Membagi kerja sesuai dengan tugas dan shift room attendant.
4.             Public Area Supervisor
Tugas dan tanggung jawab sebagai public area supervisor adalah :
a.    Menjalankan perintah-perintah khusus yang diberikan oleh atasan dan menjalankannya dan mempertanggungjawabkan.
b.    Membagi tugas masing-masing di dalam operasionalnya pada waktu briefing dan mengarahkannya.
c.    Mengawasi di area kerja secara langsung dan mengontrol hasil kerja.
5.             Room Attendant
Tugas dan Tanggung jawab seorang room attendant  dalam melaksanakan operasional adalah:
a.    Memberikan pelayanan kamar sesuai dengan standard yang ditetapkan
b.    Mejaga area kerja tertata rapi dan aman antara lain koridor, service area, pantry dan bagian tertentu lainnya.
c.    Memperbaharui status kamar tamu dengan memperbaharui status kamar dengan cepat, menginformasikan kerusakan-kerusakan yang ada di kamar dan perbedaan status kamar ( bila terjadi discrepancy room ).
d.   Menjaga dan merawat semua peralatan yang dipergunakan, termasuk vacuum cleaners, troli dan lain-lain.
e.    Melayani permintaan tamu dan keluhan tamu sesuai dengan standar yang ditetapkan.
f.     Menjaga dan merawat persediaan di tata graha dengan berlatih untuk menghemat biaya.
g.    Memenuhi semua prosedur keamanan, kenyamanan dan kebersihan.
h.    Mengambil bagian dalam inventori tata graha, inventori linen dan peralatan operasional.
i.          Melakukan setiap tugas terkait lainnya dan tugas khusus seperti membersihkan bagian bawah tempat tidur
6.             Public Area Attendant
Tugas dan Tanggung jawab seorang public area attendant dalam melaksanakan operasional adalah:
a.    Membersihkan dan memelihara daerah yang ditugaskan sesuai dengan strandar yang ditetapkan.
b.    Melaporkan setiap kerusakan properti hotel.
c.    Memelihara semua peralatan yang digunakan.
d.   Memelihara supplies yang digunakan dalam operasional dengan mempraktekkan penghematan biaya.
e.    Berpartisipasi dalam inventaris housekeeping.
f.     Mematuhi keamanan, keselamatan, kebersihan dan sanitasi prosedur yang berlaku di hotel.
g.    Melakukan tugas yang terkait dengan tugas yang diberikan serta melaksanakan project sebagaimana yang ditugaskan.
7.             Mini Bar Checker
Bertugas untuk memposting mini bar yang telah dikonsumsi oleh tamu. Memperhatikan dan mengontrol guest supplies, guest aminities, makanan dan minuman yang ada di mini bar serta request apabila ada barang-barang yang hampir habis. Melakukan mini bar inventory setiap akhir bulan.



8.             Laundry and Dry Cleaning Attendant
Tugas dan tanggungjawabnya adalah :
a.              Mengikuti briefing dengan supervisor sebelum mulai kerja.
b.             Melaksanakan tugas sesuai dengan bagian yang menjadi tanggungjawabnya seperti : washer, mangler, checker, presser.
c.              Melaksanakan atau menjalin kerjasama dengan sksi dan departemen lain.
9.             Mini Bar Runner
1.             Melakukan perintah yang diberikan oleh mini bar checker.
2.             Mengisi kembali item mini bar yang telah di konsumsi oleh tamu.
3.             Membantu mini bar checker ketika ada mini bar inventory .
4.             Menggantikan mini bar checker untuk menerima telepon ketika mini bar checker sedang beristirahat atau sedang tidak berada di tempat kerja.
E.  Deskripsi Sistem dan Prosedur Operasional
Bagian Tata Graha (Housekeeping) adalah bagian yang cukup vital dalam memberikan pelayanan kepada para tamu hotel, terutama yang menyangkut pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan hotel. Tanggung jawab bagian Tata Graha (Housekeeping Department) dapat dikatakan dimulai dari pengurusan tentang bahan–bahan yang terbuat dari kain seperti table cloth, sheet, pillow case, curtain, menjaga kerapihan dan kebersihan ruangan serta pemeliharaan seluruh ruangan hotel. Adapun yang termasuk dengan ruangan hotel terdiri dari kamar–kamar tamu, ruangan rapat, ruangan umum seperti: Lobby, Corridor, Restaurant, yang secara keseluruhan disebut juga sebagai Front of the House Area. Bagian Tata Graha juga bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapihan ruangan belakang (Back of the House Area) seperti ruangan makan karyawan, ruangan ganti karyawan, mushola, dan ruangan kantor lainnya.
1.    Prosedur Pembersihan Kamar Check Out
Pramugraha mengetahui kamar check out dari pembagian kerja (Work Plan), yang dibuat oleh Supervisor, atau atas dasar pemberitahuan dari Kantor Depan hotel (Front Desk). Kamar yang telah check out harus segera dibersihkan karena akan dijual kembali, hal ini tentunya dilakukan apabila tingkat penjualan kamar sedang tinggi, namun apabila masih banyak kamar–kamar yang kosong dan siap untuk dijual, pramugraha harus membersihkan kamar yang ada tamunya terlebih dahulu. Adapun SOP (Standard Operational Procedure) pada saat pembersihan Check out Room, adalah:
a)      Tempatkan Trolley Cart tepat di depan pintu kamar yang akan dibersihkan (jangan menghalangi Corridor) dan pasang tanda Room Being Service di depan pintu.
b)      Ketuk pintu terlebih dahulu (3 kali) dengan mengucapkan “Housekeeping” untuk meyakinkan apakah tamu benar–benar sudah keluar atau belum. Bila tidak ada jawaban buka pintu dengan menggunakan Pass Key.
c)      Setelah dibuka yakinkan kembali kemungkinan tamu masih ada didalam kamar mandi, bila sudah benar–benar kosong mulailah dengan terlebih dahulu menyalakan lampu, untuk menerangi dan untuk mengetahui apabila ada lampu yang mati.
d)     Buka tirai jendela.
e)      Periksa sekeliling kamar, apabila ada barang tamu yang tertinggal laporkan kepada Floor Supervisor dan informasikan kepada Desk Clerk.
f)       Periksa Minibar Items yang terdapat pada Refrigerator apabila tidak lengkap, segera informasikan hal tersebut kepada Mini Bar Posting Attendant agar Minibar Items dilengkapi kembali.
g)      Periksa Safety Deposit Box, apabila dalam keadaan terkunci, informasikan kepada Front Desk untuk dibuka oleh Duty Manager.
h)      Kumpulkan peralatan Room Service (bila ada) dan letakkan depan kamar, lalu telepon ke bagian Room Service untuk diambil.
i)        Buang sampah dari semua tempat sampah di dalam kamar ke kantung sampah di trolley.
j)        Kumpulkan asbak dan gelas–gelas kotor yang ada dan buang kotorannya ke kantung sampah di trolley, kemudian rendam di wash basin dengan air hangat.
k)      Kumpulkan seluruh Linen yang kotor yang ada di kamar, bawa ke Trolley Cart untuk disimpan dikantong linen kotor. Kemudian bawa linen bersih sejumlah yang diperlukan.
l)        Mulailah making the bed.
1.                Letakkan bed sheet sesuai dengan ukuran ( king, queen atau single )
2.                Buka bed sheet dengan lipatan tengah tepat pada bagian tengah bed sehingga simetris.
3.                Melipat bagian atas ke bawah mattress, sisa sheet di kiri dan kanan bed dilipat ke bawah mattress membentuk 45 derajat.
4.                Masukkan duve ke dalam duve cover. Tebarkan di atas bed sheet, ujung kiri-kanan duve sejajar dengan lebar matrress demikian pula dengan ujung bawah.
5.                Rapikan dan kencangkan duve sampai rapi
6.                Pasang pillow case
m)    Setelah merapikan tempat tidur, cuci asbak dan gelas – gelas kotor yang telah di rendam air hangat, kemudian keringkan.
n)      Lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi, bagian pertama yang akan dibersihkan adalah :
1.   Wash Basin   
a.             Wash basin yang akan dibersihkan di beri obat pembersih yaitu MPC (Multi Purpose Cleaner ), gosok semua bagian antara lain surface, stopper dan  stopper devicedengan scoot bright hingga bersih.
b.             Bilas dengan air hangat.
c.             Bersihkan glass surface dengan menggunakan glass cleaner secara merata, gosok dengan OO towel serta bersihkan dengan dust cloth yang bersih.
d.            Keringkan semua bagian wash basin yang telah dibersihkan dengan OO towel
2.       Toilet Bowl
a.             Siram toilet bowl dengan air
b.             Beri obat pembersih yaitu R6, gosok ke semua bagian toilet bowl. Gosok semua bagian toilet bowl dengan menggunakan toilet brush.
c.             Siram kembali dengan air, kemudian keringkan dengan menggunakan OO towel
3.       Shower  Room
a.             Basahi shower glass dengan air hangat, beri obat pembersih yaitu MPC atau
Glass Cleaner.
b.             Beri obat pembersih pula pada dinding shower room
c.             Gosok shower glass dengan sponge kemudian gosok dinding shower room, shower controller dan drainage hole dengan scoot bright.
d.            Bilas shower glass, dinding dan semua bagian yang sudah digosok dengan menggunakan air hangat.
e.             Keringkan dengan OO towel
o)      Letakan kembali ke tempat semula asbak, gelas minuman, dan tempat sampah, yang semuanya dalam keadaan sudah dibersihkan dan benar–benar bersih.
p)      Lengkapi kamar mandi dengan perlengkapan yang diperlukan seperti : Bath Towel, Hand Towel, Face Towel, Bath Mat, Bath Robe, Bath Soap, Bath Gel, Shampoo, Conditioner, Shower Cap, Dental Kit, Body Lotion, Sanitary Bag, Tissue Roll, dan Tissue Box.
q)      Lengkapi kembali Guest Amenities dan Stationary yang disediakan hotel seperti: Letter, Envelope, Guest Comment, Fax Letter, Tea Set Amenities, Matches, dan Hotel Information.
r)       Wiping seluruh furniture kamar searah jarum jam.
s)       Setelah selesai mengerjakan hal–hal tersebut, bersihkan karpet dari debu dengan menggunakan Mesin Penghisap Debu (Vacuum Cleaner).
t)       Bila pekerjaan kamar telah selesai, periksa sekali lagi untuk meyakinkan bahwa kamar benar–benar sudah bersih dan rapi, kemudian tutup tirai jendela sesuai dengan SOP.
u)      Informasikan kepada Desk Clerk mengenai Room Status, agar Ready to Sell dan terakhir tutup dan kunci kamar kemudian isi Room Attendant Report.

2.    Prosedur Membersihkan Occupied Room
a.       Ketuk Pintu kamar 3 kali, bila ada jawaban minta izin tamu untuk membersihkan kamarnya dan bila tidak ada jawaban buka pintu dengan Keycard.
b.      Setelah dibuka yakinkan kembali kemungkinan tamu masih ada didalam kamar mandi, bila sudah benar–benar kosong mulailah dengan menyalakan lampu kamar dan untuk mengetahui apabila ada lampu yang mati.
c.       Buka tirai jendela, kemudian matikan kembali lampu kamar.
d.      Periksa sekeliling kamar, apabila ada barang berharga di dalam kamar, laporkan kepada Desk Clerk sebagai Room Finding.
e.       Periksa Mini Bar Items yang terdapat pada Refrigerator apabila tidak lengkap, segera informasikan hal tersebut kepada Mini Bar Posting Attendant agar segera dimasukkan kedalam Bill tamu tersebut, dan Mini Bar dilengkapi kembali oleh Mini Bar Runner.
f.       Kumpulkan peralatan Room Service apabila ada, lalu telepon ke bagian Room Service untuk mengambilnya.
g.      Apabila tamu meminta atau terdapat pakaian kotor yang akan dicuci, telepon Laundry (Valet) untuk mengambilnya, Room Maid juga bertugas memeriksa laundry semua Occupied Guest Room sesuai dengan Assignment yang telah diberikan sebelum pukul 10.30 terkecuali untuk kamar yang memasang DND Sign (Do Not Disturb).
h.      Buang sampah dari semua tempat sampah di dalam kamar ke kantung sampah di trolley.
i.        Kumpulkan asbak dan gelas–gelas kotor yang ada dan buang kotorannya ke kantung sampah di trolley, kemudian rendam di wash basin dengan air hangat.
j.        Kumpulkan seluruh Linen yang kotor yang ada di kamar, bawa ke Trolley Cart untuk disimpan dikantong linen kotor. Kemudian bawa linen bersih sejumlah yang diperlukan.
k.      Mulailah making bed.
1)      Letakkan bed sheet sesuai dengan ukuran ( king, queen atau single )
2)      Buka bed sheet dengan lipatan tengah tepat pada bagian tengah bed sehingga simetris.
3)      Melipat bagian atas ke bawah mattress, sisa sheet di kiri dan kanan bed dilipat ke bawah mattress membentuk 45 derajat.
4)      Masukkan duve ke dalam duve cover. Tebarkan di atas bed sheet, ujung kiri-kanan duve sejajar dengan lebar matrress, demikian pula dengan ujung bawah.
5)      Rapikan dan kencangkan duve sampai rapi
6)      Pasang pillow case
l.        Setelah merapikan tempat tidur, cuci asbak dan gelas–gelas kotor yang telah di rendam di air hangat, kemudian keringkan.
m.    Lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi mulai dari :
1)      Wash Basin    
a.         Wash basin yang akan dibersihkan di beri obat pembersih yaitu MPC (Multi Purpose Cleaner ), gosok semua bagian antara lain surface, stopper dan  stopper devicedengan scoot bright hingga bersih.
b.         Bilas dengan air hangat.
c.         Bersihkan glass surface dengan menggunakan glass cleaner secara merata, gosok dengan OO towel serta bersihkan dengan dust cloth yang bersih.
d.        Keringkan semua bagian wash basin yang telah dibersihkan dengan OO towel
2)       Toilet Bowl
a.         Siram toilet bowl dengan air
b.         Beri obat pembersih yaitu R6, gosok ke semua bagian toilet bowl. Gosok semua bagian toilet bowl dengan menggunakan toilet brush.
c.         Siram kembali dengan air, kemudian keringkan dengan menggunakan OO towel
3)       Shower  Room
a.       Basahi shower glass dengan air hangat, beri obat pembersih yaitu MPC atau Glass Cleaner.
b.         Beri obat pembersih pula pada dinding shower room
c.         Gosok shower glass dengan sponge kemudian gosok dinding shower room, shower controller dan drainage hole dengan scoot bright.
d.        Bilas shower glass, dinding dan semua bagian yang sudah digosok dengan menggunakan air hangat.
e.         Keringkan dengan OO towel

dan yang terakhir dinding dan lantai kamar mandi. Susunlah barang–barang milik tamu dengan rapi.
n.      Letakan kembali ke tempat semula asbak, gelas minum, tempat sampah, yang semuanya dalam keadaan sudah dibersihkan dan benar–benar bersih.
o.      Lengkapi kamar mandi dengan perlengkapan yang diperlukan seperti: Bath Towel, Hand Towel, Face Towel, Bath Mat, Bath Robe, Bath Soap, Bath Gel, Shampoo, Conditioner, Shower Cap, Sewing Kit,  Body Lotion, Sanitary Bag, Tissue Roll, dan Tissue Box.
p.      Lengkapi kembali Guest Amenities dan Stationary yang disediakan hotel seperti: Satkara spa days, Guest Comment, Fax Letter, Tea Set Amenities, Matches, dan Hotel Information.
q.      Wiping seluruh furniture kamar searah jarum jam dan susunlah barang–barang milik tamu dengan rapi tanpa merubah tempatnya.
r.        Setelah selesai mengerjakan hal–hal tersebut, bersihkan karpet dari debu dengan menggunakan Mesin Penghisap Debu (Vacuum Cleaner ).
s.       Bila pekerjaan kamar telah selesai, periksa sekali lagi untuk meyakinkan bahwa kamar benar–benar sudah bersih dan rapi, kemudian tutup tirai jendela sesuai dengan SOP.
t.        Informasikan kepada Desk Clerk mengenai Room Status, agar menjadi Occupied Clean dan terakhir tutup dan kunci kamar kemudian isi Room Attendant Report.

3.    Prosedur Turn Down Service
Mempersiapkan kamar pada malam hari, dilakukan pada semua kamar yang di huni oleh tamu dan biasanya dikerjakan mulai pukul 18.00. Mempersiapkan kamar pada malam hari tujuannya adalah agar kamar tetap dalam keadaan rapi sehingga tamu tidur pada malam hari dalam keadaan yang nyaman. Dengan kata lain Turn Down Service adalah menyiapkan kamar pada malam hari dengan melakukan Opening Bed, membersihkan, merapikan kembali kamar tidur dan kamar mandi serta meletakan fasilitas yang diperlukan khusus untuk tamu. Adapun SOPnya (Standard Operational Procedure) adalah:
a.       Ketuk pintu 3 kali tapi untuk kamar yang terdapat tanda DND ( Do Not Disturb ) jangan sekali-kali mengetuk kamar tersebut.
b.      Bila ada jawaban dari dalam kamar katakan maksud kita, bila sudah dipersilahkan masuk lanjutkan dengan merapihkan Duvet Cover.
c.       Letakkan pakaian tidur tamu di atas tempat tidur dengan rapi.
d.      Letak kan minyak cemomile beserta lilin yang sudah di sediakan
e.       Letakkan obat nyamuk lingkar di teras dan lilin di atas meja
f.       Siapkan Slipper tamu disamping tempat tidur.
g.      Letakkan Mineral Water dengan gelas disamping tempat tidur (diatas Bed Side Table).
h.      Tutup tirai jendela.
i.        Gantung atau lipat dengan rapi pakaian tamu yang berserakan.
j.        Bersihkan kamar mandi dan lengkapi kembali kamar mandi dengan perlengkapan yang diperlukan.
k.      Matikan semua lampu kecuali lampu kamar tidur, kemudian terakhir tutuplah pintu kamar dan pastikan bahwa pintu benar-benar terkunci. Dan isi Turn Down Service Report.
4.    Public Area
Public Area meliputi beberapa working places yang berada di seluruh kawasan hotel. Untuk meng-efisiensi dan meng-efektifkan waktu serta jumlah tenaga kerja yang ada, maka working places akan dibagi saat briefing dan terdapat rolling working places setiap harinya. Working places meliputi:
a.             Toilet,
1)      Lobby G floor,
2)      Lobby 1st floor,
3)      Function  2nd floor.
b.            Lobby
1)      Cek cabanas di lago view,
2)      Menjaga kebersihan di sekitar area Lobby dan Lift Guest.
c.             Function
1)   Star Raft
2)   Duvfken
3)   Flor De La Mar
4)   The Fame
5)   KD Hang Tuah
6)   Jugrah
7)   West fresia
8)   Naga Pelangi

d.            Car Park dan Outside Area
e.             Project
1)      Canopy cleaning,
2)      Glass maintenance,
3)      Floor maintenance,
4)      Carpet maintenance,
5.    Pembagian Shift Housekeeping
a.         Room section
1)            Morning Shift
a)             M1         : 08.45 – 17.00
2)            Afternoon Shift
a)             A1         : 13.00 – 21.00
b)             A2         : 03.00 – 23.00
            b.    Public Area Section
1)            Morning Shift
a)                  M1      : 07.00 – 15.00
2)            Afternoon Shift
A2         :  14.00 – 23.00
3)            Night Shift
N1         : 23.00 – 07.00




c.     Laundry, Linen and Uniform Section
1)            Morning Shift
a)             M1              :  06.00 – 14.00
b)             M2              : 07.00 – 15.00
2)            Afternoon Shift
                            A2     : 15.00 – 23.00
Keterangan :  M1 = morning shift
 M2 = morning shift 2
A1 = afternoon shift
A2 = afternoon shift 2
N1 = night shift

F. Kegiatan Mahasiswa Selama Training
1.         Tempat dan Waktu Praktik Kerja Nyata
Nama Perusahaan   :  Hotel Casa del Rio Melaka Malaysia
Alamat Perusahaan :  88, Jalan Kota Laksamana , 75200 Melaka, Malaysia
Departement           :  Food & Beverage Service
No. Telp                  :  +606 289 6888
Fax                          :  +606 289 6999
Waktu dari program on the job training  penulis adalah 28 September 2012 sampai dengan 28 Maret  2013 6 bulan).
2.  Housekeeping Department
Room Maid                       :   6  bulan
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
Casa del Rio Hotel Melaka merupakan hotel yang sangat modern tapi unsur sejarah dalam hotel masih kental yang memiliki berbagai fasilitas dan selalu memberikan pelayanan secara profesional dan sesuai standar internasional. Casa del Rio Melaka Hotel, Ini merupakan suatu perusahaan besar yang ada di berbagai negara yakni Malaysia ( beberapa daerah di Malaysia ), Singapura, Thailand dan Indonesia,Bali, dan salah satunya adalah Casa del rio Melaka Hotel

1.    Kebaikan dan Kelemahan Sistem Prosedur
a.       Kebaikan
1)        Sistem prosedur yang memiliki standar internasional dalam setiap standard operasional procedure sehingga tiap hotel memiliki persamaan di dalam penataan.
2)        Hasil daripada pekerjaan akan lebih memuaskan karena sesuai dengan standard prosedur Casa del Rio Melaka.
3)        Dapat meningkatkan disiplin kerja serta aktif dalam kegiatan hotel.
4)        Sistem dan prosedur yang ada di Casa del rio Melaka membuat semua Department Head dan karyawan lebih dekat dan akrab.
b.      Kelemahan
1)        Casa del Rio Melaka Hotel memiliki standard prosedur yang tinggi, tapi kurang memperhatikan beberapa aspek yang justru dapat merugikan hotel, antara lain di dalam mini bar. Dalam operasioal mini bar tidak ada mini bar runner yang melakukan pengecekkan terhadap minibar consume ketika tamu check out sehingga tamu tidak membayar makanan atau minuman yang sudah di consumsi. Hal ini dapat membuat hotel rugi karena setiap hari selalu ada dispute mini bar.
2)        Untuk melakukan peminimalan pengeluaran, pihak hotel mengurangi berbagai aminities dan guest supplies yang ada di room. Hal ini tentu saja mengurangi kenyamanan dan kepuasan tamu yang ada di hotel.
3)        Adapun hal yang menghambat kelancaran operasional serta mengakibatkan tersendatnya operasional pada outlet lain adalah penggunaan jasa Outside Laundry menyebabkan hambatan pada operasional pembersihan kamar dikarenakan keterlambatan pengiriman Bed Sheet dan Duvet Cover ke floor pantry. Hotel menggunakan jasa Outside Laundry untuk pencucian Bed Sheet dan Duvet Cover untuk memback-up.
c.    Distribusi
Distribusi merupakan salah satu bentuk komunikasi, maka apabila distributor mengirimkan barang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan maka hal tersebut akan mengakibatkan berbagai dampak, terutama berhubungan dengan jalannya operasional pembersihan kamar yang baru dapat dilaksanakan secara efektif dimulai pada pukul 14.00. Adanya keterkaitan antara satu outlet dengan yang lainnya, seharusnya pihak hotel meminta Supply barang lebih awal dikirim sehingga operasional dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.
d.   Sumber Daya Manusia
                 Sumber Daya Manusia yang dimaksudkan disini adalah Linen Porter yang merupakan salah satu penyalur dari distributor (Outside Laundry) ke pantry maka dari sini kita dapat melihat bahwa adanya keterkaitan antara yang satu dengan yang lain. Salah satu faktor terlambatnya kedatangan Linen ke hotel juga dapat disebabkan oleh kekurangan host di bagian linen porter, maka terjadilah kesalah pahaman antara host yang lain akibat kekurangan linen.
2.    Kesan-kesan Selama Melakukan On The Job Training
Kesan penulis selama mengikuti On the Job Training di Casa del Rio Melaka adalah :
a.                  Casa del Rio Hotel Melaka merupakan hotel kecil namun memiliki kamar yang sangat luas yang mempunyai cukup fasilitas dan memiliki standar pelayanan yang tinggi, sehingga banyak tamu dari berbagai negara di  dunia yang datang dan menginap di butiq hotel. Oleh karena itu, penulis dapat mengetahui karakteristik tamu dan mengetahui gaya hidup tamu yang berbeda-beda dari setiap negara. Hal tersebut membantu penulis untuk menghargai perbedaan dan menghormati kebudayaan lain, selain itu membantu penulis untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain dan belajar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dalam komunikasi sehari-hari.
b.                  Di tempat On The Job Training, penulis dapat mengasah pengetahuan lebih mendalam dengan mempraktekkan dan menerapkan antara teori-teori yang pernah penulis dapatkan selama mengikuti perkuliahan dengan praktek kerja langsung sesuai dengan situasi dan keadaan di dunia kerja yang sebenarnya.
c.                  Di tempat On the Job Training, penulis dapat mengembangkan soft skill yang pernah diajarkan baik di rumah, di lingkungan dan di sekolah. Soft skill tersebut antara lain, keramah tamahan, kesopanan, kedisiplinan, keuletan kerja dan tanggap terhadap sesuatu disekitar tempat kerja. Hal tersebut mengajarkan penulis bahwa tidak hanya kepandaian teori saja yang dibutuhkan dalam dunia kerja tetapi juga soft skill. Tanpa soft skill dan attitude yang baik, kepandaian setinggi apapun tidak ada gunanya.
d.                 Kerja sama dan keramah tamahan antara karyawan hotel, membuat penulis merasa senang dan nyaman mengikuti On the Job Training tanpa ada perbedaan antara trainer dan karyawan. Sehingga hal ini mengajarkan kepada penulis, bahwa sekecil apapun pekerjaan yang dilakukan, tanpa disadari pekerjaan tersebut bermanfaat untuk orang lain dan belajar untuk menghormati orang lain apapun pekerjaannya. Karena setiap pekerjaan mempunyai tujuan dan manfaat yang berbeda-beda, sehingga pekerjaan-pekerjaan kecil tersebut akan membentuk satu kesatuan yang akan di kombinasikan untuk memenuhi kebutuhan, dalam hal ini kebutuhan untuk kenyamanan dan kepuasan tamu selama menginap di hotel. Pelajaran berharga yang penulis dapatkan selama On the Job Training adalah  jangan pernah meremehkan setiap pekerjaan baik itu pekerjaan besar maupun pekerjaan kecil yang terlihat tidak berarti karena tanpa adanya pekerjaan tersebut akan mengurangi kenyamanan dan kepuasan tamu.
e.                  Selama On the  Job Training, penulis mempunyai pengalaman baru yang menyenangkan. Penulis bisa belajar dan mengetahui tempat-tempat baru di daerah lain yang jauh dari daerah domisili penulis, sehingga penulis bisa menghargai dan beradaptasi dengan kebudayaan baru yang berbeda dengan kebudayaan penulis. Selain itu penulis bisa menambah wawasan dan membuka pikiran untuk melakukan sesuatu yang lebih baik demi masa depan.


B.   Saran
            1.    Saran untuk perusahaan
                   a)  Perlu peningkatkan kedisiplinan yang tinggi dan loyalitas kerja.
                   b)  Perlunya peningkatan kerja sama antara perusahaan dengan institusi sekolah.
                   c)  Melakukan inventory linen setiap bulan karena masalah utama dalam housekeeping  adalah selalu kekurangan linen setiap hari.
                   d) Sistem dan prosedur untuk minibar harus diperbaiki, misalnya : Housekeeping dan Front Office lebih meningkatkan kerja sama, ketika ada tamu yang check out, Front Office memberi info kepada mini bar, sehingga mini bar runner memeriksa langsung dan melaporkan mini bar consume kepada mini bar checker. Untuk selanjutnya mini bar checker memberi informasi kepada Front Office tentang mini bar consume. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi dispute mini bar karena tamu tidak membayar.
                   f)  Untuk sistem dan prosedur dalam operasional Housekeeping khususnya room, untuk menekan biaya, linen/towel yang masih bersih tidak perlu ditukar. Selain untuk menekan biaya, hal ini juga berfungsi untuk megurangi global warming.
2.    Saran untuk Program DIII&IV Kepariwisataan Universitas Merdeka Malang
       Dalam pelaksanaan On the Job Training baik di dalam maupun di luar negeri, perlu memberikan penjagaan ketat bagi mahasiswa yang melaksanakan On the Job Training baik perempuan maupun laki laki agar bisa menjaga nama baik keluarga dan Universitas Merdeka Malang untuk kehidupan yang lebih baik.






BAB V
LAMPIRAN  - LAMPIRAN
Tampak depan lobby hotel

Kamar
Deluxe Lago / River
15.jpg

Deluxe Lago / River
16.jpg 
Balkon Kamar
Balcony.jpgIMG_2315.tif

Spacious Bathroom Bathroom.jpg
River Suite – 2 Tempat Tidur (K+Q)
15.jpg
Cheng Ho Suite – 2/3 Tempat Tidur (K+T)
10.jpg
Melaka Suite – Jacuzzi

13.jpg


Presidential Suite
08.jpg
Meeting Room Setup
Meeting room.jpg
KD Hang Tuah Ballroom
Wedding Reception
07.jpg
Foto kegiatan Mahasiswa di casa del rio butique hotel







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar